Senin, 17 Oktober 2016

10 Barang Penting yang Perlu Dibawa Saat Berwisata ke Pulau

Tips Wisata Ke Pulau

Hari cerah, saatnya Anda berkemas dan mengajak keluarga Anda piknik ke pantai, atau jika Anda punya waktu berlibur yang leluasa, Anda pun bisa berwisata ke sebuah pulau. Biasanya untuk pergi ke pulau tertentu Anda harus menyambung transportasi laut seperti perahu atau kapal laut. 

Sebelumnya, Anda perlu naik pesawat ke kota terdekat dari pulau tujuan Anda, lalu menyambung angkutan laut. Anda bisa mulai mencari harga tiket pesawat murah ke kota tersebut. Pilihlah lokasi pulau yang tidak terlalu sulit dijangkau, punya fasilitas wisata, juga memiliki panorama pantai dan kekayaan bawah laut yang indah.

Ketika Anda berkemas sebelum berangkat ke pulau, pastikan barang-barang yang dibawa betul-betul berguna sesuai kebutuhan Anda, praktis, dan efisien. Lantas barang-barang apa yang sebaiknya Anda bawa ke pulau?

1.       Bawa Air Mineral yang Banyak
Anjuran minum air putih 8 gelas sehari akan meningkat jumlahnya ketika Anda berada di pantai dan beraktivitas pantai. Apalagi kalau Anda, berenang, snorkel dan menyelam di laut, di mana air laut bisa membuat cairan tubuh cepat menguap, sehingga Anda perlu minum banyak air agar tidak dehidrasi. Lebih baik kalau Anda bisa membawa gallon dan beberapa botol minum, sehingga Anda bisa selalu mengisi ulang tanpa membuang banyak sampah. Kalau ada penjual kelapa, baik juga sekali-sekali meneguk airnya.

2.       Pakai Sunblock
Bawa lotion pelindung kulit dari sinar UV matahari dengan tingkat perlindungan SPF 30 atau SPF 50, sebab paparan sinar matahari langsung saat Anda berada di pantai bisa sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kanker. Setidaknya dengan memakai lotion anti UV ini kulit Anda tidak terlalu terbakar, dan akan lebih aman jika setelah beraktivitas pantai dioleskan lotion lidah buaya yang memberi efek menyejukkan kulit.

3.       Sepatu Karang dan Sandal
Hindari pemakaian alas kaki yang menyulitkan bergerak dan tak tahan air seperti sepatu high heels, kets, atau sneakers. Gunakan sandal ringan berbahan karet, selain mudah dibersihkan, tahan air, dan membuat langkah Anda ringan di pasir, dipakainya pun praktis. Jika Anda tidak suka kalau kaki Anda kotor atau kemasukan pasir, pakailah sepatu karang yang tertutup, selain Anda bisa gunakan untuk berjalan bebas di karang tanpa kuatir kaki tergores atau luka kena karang, lebih aman pula dipakai saat snorkeling. Sepatu karang bisa Anda dapatkan dalam ukuran anak-anak dan dewasa.

4.       Kacamata Hitam
Cahaya sinar matahari langsung atau sinar UV juga tidak baik bagi kesehatan mata Anda, apalagi saat hari amat terik. Anda perlu melindungi mata dengan kacamata hitam. Benda yang satu ini bisa terlupakan apabila Anda jarang memakainya. Pilihlah kacamata yang bentuk dan ukurannya pas dengan wajah Anda, berbahan ringan, dan tidak terlampau gelap.

5.       Perlengkapan Kesehatan dan Obat
Anda wajib membekali diri dengan obat-obatan, lebih-lebih jika Anda berlibur bersama anak. Sebab di pulau jarang tersedia fasilitas kesehatan yang memadai, malah belum tentu ada dokter. Anda perlu membawa peralatan pertolongan pertama P3K, obat demam, obat alergi, alkohol, obat diare, oralit, salep iritasi kulit, obat tetes mata, dan obat-obat lainnya yang dirasa perlu. Mungkin Anda juga membutuhkan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ketika berlibur.

6.       Makanan Praktis dan Camilan
Kuatir Anda tidak cocok dengan makanan di pulau, lebih baik Anda bawa perbekalan sendiri. Kalau pun ada penjual yang menjajakan makanan, tapi biasanya mahal lantaran di pulau. Bawa saja makanan dan camilan yang praktis dan lumayan tahan disimpan. Seperti roti, pisang, biskuit, kue kering, jus buah kemasan, kacang-kacangan. Kalau Anda bawa cooler, manfaatkan, bisa untuk menyimpan buah dingin dan minuman yang menyegarkan.

7.       Plastik Berperekat Kedap Udara
Anda akan merasa puas akan kegunaan benda ini saat dibawa berlibur ke pantai. Bawalah setidaknya satu boks plastik berperekat ukuran 30 x 30 cm, lalu Anda bisa memakainya untuk menaruh benda-benda yang riskan terkena air seperti handphone, kamera, dan dompet. Atau untuk wadah menyimpan baju-baju basah, handuk basah, sandal basah, atau kerang-kerang yang Anda kumpulkan dari pantai. Plastik tahan air dan kedap udara ini juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan makanan. Praktis, tidak makan tempat, ringan, dan banyak fungsinya.

8.       Kamera
Teman setia perjalanan liburan Anda yang satu ini jangan sampai dilupakan. Benda perekam momen liburan yang menjadi oleh-oleh terbaik yaitu kenang-kenangan wajib Anda bawa sampai ke pulau. Pastikan Anda membawa charger, baterai, dan memory card bersama kamera Anda, lalu rawatlah dengan rajin membersihkannya dari hempasan air laut yang tidak terlihat setiap kali selesai berfoto, dan menyimpannya di tempat kering. Anda bisa menaruh silica gel di tempat penyimpanan kamera untuk menjaga kondisi lensanya.

9.       Teropong
Teropong alias Binocular adalah alat bantu melihat jauh. Ada banyak objek yang bisa diamati di sebuah pulau. Selain satwa liar di lingkungan alamnya, burung-burung, perahu-perahu yang berlayar di kejauhan, pulau tetangga, atau orang-orang yang lagi beraktivitas pantai. Anda jadi bisa mengetahui kondisi di sekitar Anda berada dalam jangkauan kurang lebih 10 meter, menarik kan! Anak-anak pasti juga suka bermain-main dengan teropong ini. Siapa tahu Anda tiba-tiba menangkap objek langka di kejauhan, pastinya akan jadi pengalaman yang menarik.

10.   Handuk
Anda ingin bermain air, bawalah handuk, terutama untuk anak-anak yang perlu segera dikeringkan setelah bilas. Bawa handuk berbahan ringan dengan daya serap tinggi. Lalu bedakan penggunaannya, handuk untuk selepas bermain air di pantai, dengan handuk untuk setelah mandi. Kalau Anda menginap di hotel dekat pantai, biasanya sudah disediakan handuk yang bisa dibawa ke pantainya. Namun, tak ada salahnya membawa dari rumah, pasti akan terpakai juga.

Selain barang-barang penting yang perlu Anda bawa saat berlibur ke pulau, berkemaslah dengan pilihan pakaian yang ringan, mudah untuk bergerak, baju renang yang nyaman, dan kain pantai multifungsi. Anda pun wajib memperhatikan peringatan-peringatan bahaya yang ada di sekitar pantai.

About the Author

Miftah Farid

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile