Jumat, 04 November 2016

Robot Dokter



Keberadaan Komunitas Robotik Balikpapan ingin mengenalkan dunia robotik yang bukan sekedar lifestyle semata, namun sebagai terobosan solusi penyelesaian masalah manusia.

Hal itu diutarakan oleh Hendrik, Wakil Ketua Komunitas Robotik Balikpapan kepada Tribunkaltim.co pada Sabtu (29/10/2016) sore.

"Komunitas kami sebagai wadah bagi pecinta robotik. Membuat robot yang berbasis teknologi tepat guna," katanya di ruang belajar Digital Lounge Komplek Balikpapan Baru.

Maksud dari teknologi tepat guna itu adalah robot yang mampu membantu aktivitas manusia. Keberadaan robot harus mampu memudahkan dan memaksimalkan pekerjaan manusia.

Biasanya, kata dia, robot-robot selama ini yang beredar di masyarakat lebih banyak merupakan robot lifestyle, hanya sebagai barang mainan yang memiliki desain bagus, menarik perhatian, dan bisa berjalan hingga menari.

"Robot komunitas kami bukan model yang hanya bisa bergerak saja. Kami berusaha ciptakan robot teknologi tepat guna," ujar Hendrik, yang sehari-harinya sebagai pengajar robotik di Binus Center Balikpapan.

Satu di antara keberhasilan komunitas ini menciptakan robot teknologi tepat guna adalah robot yang mampu jalankan sistem pemberitahuan volume galon air.

Saat galon menyusut debit airnya, robot ini akan memberikan informasinya melalui pesan singkat di telepon seluler.

Kemudian ada juga robot dokter yang memiliki kemampuan mendeteksi secara akurat tensi darah seseorang.

"Kami sempat pamerkan di event teknologi tepat guna tingkat provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu," kata Hendrik, yang lahir 21 Mei 1993 ini.

About the Author

Dwi Rian

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile